Rabu, 19 September 2012

Tips Memilih Menu Sarapan Sehat

Halo! Joan kembali lagi haha. Kali ini mau bahas menu sarapan sehat. Kenapa sih emang? Karena biasanya orang paling menyepelekan sarapan pagi karena ada tons of things to do alias berton-ton hal yang harus dilakukan di pagi hari.

Tapi tahukah kamu, bahwa sarapan pagi adalah yang paling penting dibanding makan siang atau makan malam?

Nih buktinya!
Gail Frank dari American Dietetic Association mengatakan bahwa sarapan pagi sangatlah penting bagi otak dan tubuh untuk melakukan aktivitas-aktivitas awal di pagi hari.

Jadi mulai sekarang buang tuh jauh-jauh niatan untuk gak sarapan. Karena sayang banget loh. Nah, jadi ini dia beberapa tips untuk memilih sarapan sehat yang tentunya praktis.


1. Telur

Mengandung iron, vitamin A, B, D, E, dan B12, protein, zat besi, dan fatty acid (zat asam yang mengandung lemak), telur adalah menu wajib untuk sarapan. Ada lagi nilai plus dari telur yaitu dapat dikonsumsi dalam beberapa cara. Bisa di rebus, diceplok, didadar, dan lain-lain. Jadi, kalo bosen bisa divariasikan ^^


2. Susu 

Penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa dengan minum susu pada pagi hari bukan hanya dapat memperkuat tulang, tapi juga membuat kalian tidak over eating atau makan terlalu berlebihan pada siang harinya.

Susu memiliki tekstur yang membuat kalian merasa kenyang dan tidak mudah lapar. Susu mengandung protein dan kalsium, yang membantu kalian untuk menghadapi hari-hari kalian yang penuh dengan aktivitas yang menantang.

Kalo kalian gak suka rasa asam dari low fat milk, kalian bisa campur dengan sereal atau dibuat smoothy dengan cara diblender dengan stroberi atau kiwi atau buah favorit kalian :)


3. Makanan berkarbohidrat

Nah, ternyata masih banyak lagi menu-menu sehat untuk sarapan yang dapat kalian variasikan. Yang paling penting, kalian butuh karbohidrat untuk mengawali hari. Karena karbo dapat memproduksi hormon serotonin di tubuh kalian yang membuat kalian merasa lebih kenyang.

Mau yang praktis? Roti adalah yang paling tepat! Selain praktis, roti juga banyak mengandung karbohidrat dan bisa dinikmati dengan berbagai cara. Kalian bisa bikin roti bakar atau pake selai kacang (gue sih lebih suka stroberi hahaha #curhat) atau bisa juga pake telur dadar trus pake sambel. Menurut selera aja sih.

Kalo gak suka roti gimana? Pilih oatmeal! Masih sama, oatmeal punya banyak karbo. Makan oatmeal bisa juga pake yogurt atau buah-buahan yang lain.

Atau yang paling disukai nih, biasanya pada suka nasi goreng yaa? Gapapa. Nasi goreng juga bagus, asal pake telor dan jangan terlalu berminyak (bisa pake mentega aja)




Oke! Itu aja sih tips memilih menu sarapan sehat dari Joan. Sebenernya masih banyak lagi, cuma ya.....emang masalah buat lo kalo gue cuma nulis segini? Gausah cengil use plis. Cewek tengil udiknya seeeeeelangit. WAKAKAKAK.

Aha~ That's right Cherry!  Udeh ya segitu aja, wassalam dan salam kam-se-u-pay~

1 komentar:

Unknown mengatakan...

-_- akhirannya sinetron... aja...

Posting Komentar