Senin, 24 September 2012

Bullying


Assalammualaikum! Joan disiniiiiiiiii.

Udah liat judulnya? Tau dong apa yang mau dibahas disini. Gak tau juga? Jamban sana -_- wkwk damai masbroh.

Bullying, apasih?
Pasti lo pernah denger atau liat di TV bahwa ada murid yang ditendang, dipukul, diancam, dll. Atau mungkin lo pernah mengalaminya sendiri, kayak disuruh –suruh sama suatu geng yang nyebelin abis.

Menurut wikipedia, bullying adalah perlakuan kasar dan kejam untuk memaksa atau mengintimidasi. Bully itu adalah suatu perilaku menyakiti seseorang baik mental ataupun fisik. Seorang pembully, yaitu orang yang berlaku seperti ini biasanya melakukan hal-hal tadi itu semata-mata hanya untuk populer. Hellooooooo? Populer atau ngeksis gak sampe gitu juga kali. Mungkin Cuma ada di film atau sinetron kali ya -_-

Kalian tau gak, bully itu ada tiga macam kategori:

1. Secara emosional, yaitu ketika seorang pembully membuat target/korbannya merasa diisolasi dengan menyebarkan rumor atau berita negatif tentang dirinya.

2. Secara verbal, yaitu ketika seorang pembully menggunakan bahasa untuk menghina atau merendahkan targetnya. Ada yang pernah denger, “Words can kill”?

3. Secara fisik, yaitu tipe bully yang paling sering terjadi. Itu terjadi ketika seorang pembully kontak langsung dengan korbannya. Contoh menjambak, menampar, mencubit, dll.

Nah, jangan salah bully ini termasuk masalah yang serius dan harus diatasi sesegera mungkin. Kenapa? Sebenernya waktu sd, gue juga merasa jadi korbannya -_-v yaitu menurut gue secara emosional.

Dan gue juga sering ngeliat orang dibully secara langsung, gausah jauh jauh deh. Keponakan gue yang umurnya 3 tahun sering dibully sama bocah seumur segitu juga. Lo tau kaga ponakan gue ga salah apa-apa, tapi dijambak terus ditarik tarik bajunya. Ih apa banget, kalo bukan anak orang udah gue apain deh -_-

Gimana sih cara untuk menghindari agar lo gak menjadi korban bully?

1. Stay cool
Iya bener, lo kaga salah baca. Maksudnya stay cool bukan sok cantik atau sok ganteng disini -_- wkwk. Seorang pembully milih target dengan cara mengetes reaksi calon korban mereka. Seandainya nama lo dipanggil, lo cukup tatap balik mereka dengan tatapan “gue? serius gue? terus harus bilang wow?”

2. Punya banyak temen
Seorang pembully biasanya milih target yang sukanya sendirian mojok ._.v maksudnya gapunya temen. Makanya gue saranin, agar lo buat pertemanan sebanyak banyaknya. Caranya bisa dengan ikut ekskul, dengan kaya gitu lo bisa nyari temen yang punya interests sama kaya lo.

3. Saatnya bilang cukup
Ya, cukup. Bully gak bisa berenti dengan sendirinya. Lo harus tau kapan saatnya lo harus bilang cukup, kalo lo merasa mereka bener-bener keterlaluan. Disini lo harus berani.

4. Bilang guru atau orangtua
Bukan berarti ngadu. Inget! Tapi karena terkadang lo gabisa nyelesain masalah sendirian, jadi kalo menurut lo mereka udah keterlaluan yaa kenapa gak lapor guru atau orangtua?


And yaaaa~ itulah tadi informasi abal dari gue. Mudah-mudahan lo ngerti bacanya ya -_- karena gue emang agak bermasalah dengan bahasa gue yang susah dimengerti.


Oke, jadi apa ada diantara kalian yang suka ngebully atau malah dibully? HAHAHA.

0 komentar:

Posting Komentar