Senin, 15 Oktober 2012

Grab Your Dream

Meraih mimpi.

Kenapa sih mimpi itu harus diraih beb?

Mimpi bukan sekedar imagine atau mimpi di alam tidur. Mimpi itu harus kalian raih. Mimpi orang berbeda-beda. Tapi gue percaya semua mimpi itu hebat.


Gimana cara mewujudkannya?

Salah satunya adalah membuat visi atau motivasi untuk diri sendiri. Selain usaha dan doa, motivasi penting untuk menyemangati diri kita sendiri apalagi kalo lagi males malesnya belajar (•̅_•̅ )

Apalagi sih manfaat visi?


1. Memberi arah dan membuat fokus => Kalo lo punya tujuan, visi ini fungsinya buat lo fokus. Contoh; lo pengen masuk fakultas kedokteran UI, nah pikiran lo hanya akan tertuju pada mimpi lo itu beb.

2.Menentukan prioritas => disini lo bisa menentukan mana yang lebih penting. Jadi lo bisa membagi bagi waktu dan gak buang buang waktu untuk hal-hal yang omong kosong beb.

Visi itu apasih beb?

Visi atau motivasi adalah dorongan dari dalam diri kita sendiri untuk melakukan tindakan demi meraih suatu tujuan.

Lo tau gak sih beb, kesuksesan = 90% motivasi + 10% IQ

Visi itu yang gimana sih beb?


Specific; jelas dan tidak kabur
Measurable; dapat diukur
Achievable; dapat diraih
Realistic; realistis
Time bound; ada batas waktu







Selain itu, visi kalian juga harus dibarengi dengan peran orang tua. Apa aja sih?

1. Memberikan kenyamana psikologis; maksudnya tidak menekan anak untuk selalu mendapat hasil yang baik. Ada kalanya kita terpuruk, namun orang tua tidak boleh menekan anaknya.

2. Memberikan teladan; nah yang satu ini penting. Pernah denger pepatah "Guru kencing berdiri, murid kencing berlari"?

3. Menghargai kemampuan anak; kemampuan setiap anak itu beda tau beb. Baik maupun buruk, orangtua harus tetap menghargai. Contohnya gue, kalo nilai kurang memuaskan gue seneng banget dihargai atau dikasih semangat sama orangtua.

4. Memahami potensi/bakat anak; terkadang orang tua punya keinginan sendiri, ada yang mau anaknya jadi penyanyi lah, dokter lah, pengacara lah. Tapi kalo ternyata potensi kalian bukan di bidang itu gimana? Disini lah peran orangtua untuk memahami dan tetap mendukung.


Okesip sampe sini dulu ya bebs. Semoga kalian bisa semakin termotivasi dalam mencapai tujuan hidup lo pada beb. Akhir kata, wassalam :)


0 komentar:

Posting Komentar